Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Chemstory : Ikatan Kimia

Seorang siswa bertanya pada gurunya tentang molekul air. Semua orang tahu kalau air mempunyai rumus molekul H2O, ada dua grup domain, tetapi mengapa bentuk molekulnya bengkok (bentuk V) ?

Sang guru berpikir keras. Secara ilmiah sih gampang, batin guru itu.

Sebenarnya, dalam H2O ada tiga grup domain, O sebagai puasatnya, dua H di sisi kanan dan kiri, dan di atas kepala O ada pasangan elektron bebas. Oleh karena ada pasangan elektron bebas itu, maka si H yang ada di samping kanan dan kirinya ditolak sehingga menjauh. Itulah sebabnya bentuk molekulnya nggak lurus (linier). Di dalam air, molekul H2O tidak sendirian, tapi ditemani banyak H2O lainnya. Si H dari satu molekul juga ditarik oleh O dari molekul lain yang disebut Ikatan Hidrogen, makanya bentuk H2O bengkok.

Itu yang ada di benak si guru. Mereka bisa mengerti tidak ya, kalau dikasih penjelasan begitu? Tak berapa lama, si guru pun mendapatkan ide.

"Riki, Ibu tau kamu suka sama Risa kan?", ujar Bu Guru setelah berpikir selama beberapa detik.

Riki merenggut malu.

"Kamu tau, kalau ternyata Dimas juga suka sama Risa," lanjut Bu Guru. "Cuma sayangnya Risa sudah pacaran dengan Faiz. Kalian kan nggak mungkin deketin Risa lagi, kalian pasti menjauh kan? Belum lagi ternyata Rhifa suka sama kamu, dan Nasha suka sama Dimas. Nah, kalian pun akhirnya menyukai cewek-cewek itu juga. Jadinya, kalian makin menjauh dari Risa. Begitulah yang terjadi pada rumus molekul H2O sehingga bentuk molekulnya berbentuk V, jadi pacarnya Risa-si pasangan elektron bebas-punya pengaruh yang membuat cowok-cowok lainnya menjauh."

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar